Komputerisasi
· masukan data, proses, dan simpan informasi
· dalam komputer atau keluarkan
· masuk ke dalam lingkungan masyarakat yang dikelilingi sistem-sistem berbasis computer (ubiquitous) to carry out, control, or conduct by means of a computer.
Contoh ubiquitous systems: hand phone, personal
· digital assistance (PDA) / personal entertainment organizer (PEO).
· Komputerisasi, connections:
· broad band & connectivity - sistem berbasis computer dapat disambung ke internet
miniaturization - sistem berbasis komputer akan makin kecil
personalization - perusahaan pembuat akan menciptakan berbagai jenis pilihan, warna, dll. Sesuai
· selera komsumen
– mobility - sistem bersambung ke layanan mobile
– portability - sistem bisa dibawa kemanapun
– multimedia - palm pilots dirancang untuk dapat akses
· pada media beragam: graphics, text, voice
Contoh
Misalkan harga pizza 20000 rp., dipotong jadi 8
• makan sepotong, bayar 2500
• makan 2 potong, bayar 5000
• makan 4 potong, bayar 10000
– Harga(/p) = 20000 / 8
– Pizza berbentuk lingkaran, radius r
– Luas pizza [lingkaran] = p x r2
– Luas sepotong pizza = 1/8(p x r2)
– Bila r=20 cm, berapa harga per cm2 ?
– Komputasi universal / non universal ?
Pemrograman
• Program ~ instruksi untuk komputer
• Pemrograman ~ aktifitas runut pembuatan
program:
– Pendefinisian masalah
– [Deskripsi metoda formal]
– Penyusunan algoritma [/flowchart]
– Penulisan instruksi (coding) menggunakan sebuah
– bahasa formal
– Uji coba & perbaikan kesalahan (debugging)
– Run program
– Dokumentasi
Algoritma (algorithm) ~ pseudocode
– (rules) untuk menyelesaikan suatu masalah
– Langkah-langkah logis dideskripsi tekstual denganpola baku untuk menyelesaikan suatu masalah.
• Program
– Hasil koversi algoritma ke kode [bahasa program].
– Spesifikasi rinci sebuah komputasi.
• Bahasa Program
– Sebuah notasi untuk mendeskripsi sebuah program
Diagram alir (flowchart)
program flowchart: hasil konversi sebuah algoritma dengan menggunakan symbol baku [ANSI/IBM]
system flowchart
• Struktur baku flowchart
– Runtut (sequential / linear)
– Alternatif/pilihan/seleksi (alternative/selection)
– Berulang (loop/repetition)
Generasi Bahasa Program
– [www.cs.qub.ac.uk/~J.Campbell/myweb]
– G-0 [ …. 1954]: mesin, asembli
– G-1 [54 - 58]: FORTRAN, ALGOL
– G-2 [59 - 61]: COBOL, APL, LISP
– G-3 [62 - 70]: BASIC, PL/I, Pascal, SIMULA
– G-4 [70 - 80]: Smalltalk, C, Prolog
– G-5 [80 - 2000 ?]: Modula, Ada, C++, Miranda,
Dephi, Perl, Agent-Tcl, Java, Web-oriented.
– G-6 [2001 …… ] ??
Imperative / algorithmic Paradigm
– program dipandang sebagai rentetan instruksi (imperative
[Latin] = imperare to command); komputer diperintah untuk
mengerjakan sederet step, tiap step ada perubahan dalam isi
dan status tiap elemen memori.
– Secara implisit atau eksplisit program yang dibuat berbasis
pada konsep arsitektur komputer von Neumann.
– Struktur program merupakan kombinasi dari pola-pola:
· Sequence.
· Selection.
· Repetition.
· Procedural Abstraction
· Procedural Abstraction with parameter(s).
Declarative Paradigm
Object-oriented Paradigm
· Metode Terstruktur
– metodologi berdasar pada structure & discipline bagaimana membuat sebuah program: bentuk /pola, proses desain, pengkodean, dan uji coba.
– Objektif
• readability
• efficiency
• reliability
• discipline (systematic & integrity)
• reduce cost
– GOTO-less programming Metode Modular Metode Stepwise Refinement
– Proses dikerjakan dengan runtutan langkah pasti
– Tiap langkah jelas kaitan tasks & struktur data
– Rincian tiap langkah.
• Metoda Top-down / Bottom-up
– Designing, coding, and testing sebuah program dengan tahapan progresif.
– Dihasilkan runtut tahapan yang structured & modular
– Makin bawah modul = subfunctions yang mendefinisikan tasks makin detil.
Teknik Diagram
– Kategori
• overview system analysis
• program architecture
• program detail
• data structures
Diagramming tools
· AutoSketch; CorelDraw
· Designer; EasyFlow
· FlowModel; Illustrator
· PHOTO-PAINT; Photoshop
Struktur Data
• Data structure
– Cara penyimpanan data dalam komputer sehingga dapat digunakan secara efisien.
– Pemilihan struktur data sangat pendting dalam desain program [pemrograman].
• Abstract data type (ADT)
– Struktur data dan operasi-operasi yang dapat dilakukan pada data tersebut.
– Sebuah class dalam OOD = ADT, classes memiliki sifat-sifat tambahan (inheritance and
polymorphism) not normally associated with ADTs.
• Data Model
– Hasil proses desain basisdata yang dapat dipakai untuk mengidentifkasi dan mengorganisasi data yang dibutuhkan logically & physically.
– Data model akan menunjukkan semuainformasi yang harus terkandung dalam basisdata, bagaimana cara penggunaannya, dan bagaimana setiap item database akan terkait satu sama lainnya.
• Data warehouse
– Kumpulan terpadu data perusahaan, dapat diakses oleh business managers, administrators, service providers & researchers yang berhak untuk: dianalisis, menghasilkan ad hoc queries & reports, dan cara pemeliharaan data subsets.
No comments:
Post a Comment